Sun. Feb 23rd, 2020

Josep Guardiola Berperan Besar Rombak Wajah Sepak Bola Modern

aetayo Bola – Josep Guardiola pantas disebut sebagai pioner sepak bola indah melalui tiki taka-taka yang ia bawa. Permainan si kulit bundar kini jauh lebih menarik berkat taktik pria asal Spanyol tersebut.

Guardiola sempat diragukan saat membawa tiki-taka saat melatih Barcelona. Namun keraguan tersebut dibayar tuntas dengan permainan tim yang begitu indah. Barcelona dengan Lionel Messi, Xavi, dan Andres Iniesta menjadi tim yang saat itu begitu sulit dikalahkan.

Di era sekarang, tiki-taka secara murni memang mulai tidak relevan. Namun bisa dilihat jika taktik tersebut merubah wajah sepak bola modern. Tak lagi banyak klub yang bermain umpan-umpan panjang dalam setiap pertandingannya.

Mantan pemain Real Madrid, Jorge Valdano, pun melayangkan pujian kepada Guardiola. Ia menyebut semua tim bahkan yang berada di kasta bawah bermain lebih terbuka dengan umpan-umpan pendeknya.

“Tidak ada yang membawa pengaruh pada dunia sepak bola lebih besar dari apa yang dilakukan oleh Guardiola,” buka Valdano kepada Tiempo via Goal internasional.

“Sekarang tim divisi tiga mana pun berani bermain terbuka, menyerang, meminta bola dari belakang, dan memenuhi lini tengah untuk menciptakan keunggulan jumlah pemain.”

Lebih lanjut Valdano menjelaskan jika banyak tim sudah memodifikasi tiki-taka. Tak lagi banyak tim yang bermain pragmatis karena permainan Guardiola.

“Sangat menarik bahwa kita tidak lagi bermain dalam dinamika era lama, ketika tim yang sangat bagus bisa dikalahkan oleh tim dengan gaya bermain spekulatif,” sambung Valdano.

“Sekarang Anda tidak akan melihat banyak tim yang menunggu tim lawan menyerang dan membuang bola ke depan.”

“Ada tuntutan dalam pola permainan yang dibawa Guardiola, yang dengan cara tertentu telah memodifikasi tuntutan orang-orang untuk permainan sepak bola yang mereka lihat,” tandasnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bola
Author Rating
51star1star1star1star1star